contekan eh rangkuman analisis sefalometri
A
selalu lebih dulu daripada B , itu salah satu cara saya untuk mengingat
yang mana SNA yang mana SNB, yang mana yang bernilai 82 yang mana yang
mana yang bernilai 80, sehingga ketika dikurangi dihasilkan ANB yang
bernilai 2. sebenarnya Charles Tweed sudah lebih dulu membantu kita
untuk menghafal rumusan analisa Tweed, Tweed membuat istilah segitiga
Tweed. Namun yang menjadi kendala adalah menghafal angka angkanya dan
arti dari angka tersebut.
salah
satu penyakit mahasiswa yang sudah berumur seperti saya adalah "Pelupa"
selain malas hahahhaha..maka untuk mepermudah membuat laporan atau
ujian, saya membuat contekan yang beberapa saya ambil dari literatur dan
tugas tugas sefalometri. Rangkuman tentu tidak setebal buku
sefalometri karangan Jacobson, makanya karena lebih sedikit dan padat
maka semakin sering bisa melihat paling tidak megintip tabel tabel ini.
Mungkin dari beberapa rangkuman ada yang kurang tepat, untuk itu
diharapkan sekali masukan atau saran pembaca sekalian.
ANALISIS
SKELETAL DOWN
ANALISIS
|
TUJUAN
PENGUKURAN
|
REFERENSI
|
NORMAL
|
INTERPRETASI
|
Sudut
fasial
|
Derajat retrusi/protrusi dagu
|
N-Pog dan FHP.
|
87,8
(82-95)
|
< 820 = dagu retrognati
> 950= dagu prognati
|
Sudut
kecembungan
|
Derajat protrusi maksila
|
N-A-Pg
|
0
(-8,5-10)
|
<- 8,5 =A di belakang Npg (cekung)
>10 = A di depan Npg (cembung
)
|
A-B Plane
(Bidang A-B)
|
kedudukan insisivus yang benar, dan inklinasi axial yang cukup baik dari
gigi-gigi diregio insisivus.
|
perpotongan garis fasial (N-Pog) dan perpanjangan garis A-B
|
-4,6
(-9- 0)
|
< - 90 =Maksila
mundur mandibula maju
> + 90=Maksila maju mandibula mundur
|
Sudut Frankfort bidang mandibula
|
hubungan antara bidang Frankfort dengan garis singgung batas bawah
mandibula (bidang mandibula).
|
Perpotongan bidang mandibula (MP) dan FHP.
|
21,9
(17-28)
|
< 17= low angle
> 28= high angle
|
Sumbu Y ke
FH
|
Mengetahui arah perrtumbuhan dari muka ke bawah ke depan
|
perpotongan garis S-Gn dan FHP.
|
59,4
(53-66)
|
> 66 0 Mandibula
clockwise
< 530 Mandibula counterclockwise
|
ANALISIS
DENTAL DOWN
ANALISIS
|
TUJUAN
PENGUKURAN
|
REFERENSI
|
NORMAL
|
INTERPRETASI
|
Inklinasi bidang
oklusal
|
dua overlapping M1 dan P1.
|
9,3
(1,50 -
14,30)
|
< 1,50 = LowAngle
> 140 = HighAngle
|
|
Sudut interinsisal
|
derajat inklinasi dari gigi insisif
|
perpanjangan garis tepi insisal dan apeks akar
gigi insisif atas dan bawah.
|
135,4 0
(1300
- 150,0)
|
< 1300 = Proklinasi sudut interinsisisal
>150,5 = Retroklinasi sudut interinsisal
|
Inklinasi gigi insisif RB ke bidang oklusal
|
relasi
insisif dengan permukaan fungsional bidang oklusal
|
perpanjangan garis tepi insisal-apeks akar gigi
insisif sentral bawah dan bidang oklusal.
|
+3,50
- 14,50
|
> + 14,5 =Protrusi
< + 3,5=Retrusi
|
Inklinasi gigi
insisif RB ke bidang mandibula
|
perpotongan bidang mandibula dan perpanjangan
garis dari tepi insisal-apeks akar gigi insisif sentral bawah
|
91,4
(-8,50 – 7)
|
< - 8,50 = Retrusi
> + 7 0= Protrusi
|
|
Sumbu gigi insisivus
RB ke bidang AP
|
untuk mengukur protrusi gigi maksila
|
2,7
(-1
– 5 )
|
> + 5 mm = Protrusi
< - 1 mm = Retrusi
|
ANALISIS
TWEED
ANALISIS
|
TUJUAN
PENGUKURAN
|
REFERENSI
|
NORMAL
|
INTERPRETASI
|
FMPA (Frankfort
Mandibular Plane Angle)
|
pertemuan FHP (OR-PO) dan bidang mandibula
(Go-Gn)
|
25˚
|
<25˚ = horizontal growth pattern
>25˚ = vertical growth pattern pertumbuhan ke
bawah lebih besar
|
|
IMPA (Incisor
Mandibular Plane Angle)
|
gigi-gigi bawah sebagai dasar untuk menentukan
kedudukan dari gigi atas
|
pertemuan
perpanjangan aksis gigi insisivus bawah dengan bidang mandibula (Go-Gn)
|
90°
|
< 850 = Retrusi
> 950 =Protrusi
|
FMIA (Frankfort
Mandibular Incisor Angle)
|
pertemuan perpanjangan
aksis gigi insisivus bawah dengan FHP
|
65°
|
< 60 = protrusi
>750 =retrusi
|
ANALISIS
RICKETTS (DAGU)
ANALISIS
|
TUJUAN
PENGUKURAN
|
REFERENSI
|
NORMAL
|
INTERPRETASI
|
Facial axis angle
|
mengetahui jurusan pertumbuhan dagu
|
perpotongan bidang basion-nasion dengan bidang
dari foramen rotundum (PT) ke gnation
|
900
± 30
Normal
|
< 870 = Retroposisi dagu
> 930 = Proposisi dagu
|
Facial angle depth
|
Melihat relasi horisontal mandibula terhadap
kranium.
|
perpotongan bidang fasial (N-Pog) dengan FHP.
|
87o + 3 Normal
|
< 840 = Retrognati
> 900 = Prognati
|
Mandibular plane angle
|
Menunjukkan kemiringan dari korpus mandibula
|
perpotongan bidang mandibula dan FHP
|
26o+4
0 Normal
|
>300
= open bite
< 22 0 =deep bite
|
4.Facial Taper
|
Sudut antara bidang mandibula dengan bidang fasial
|
68o+3
|
< 65 0= kelas III
> + 710 = kelas II
|
|
Lower Facial Height
|
menunjukkan relasi vertikal dari maksila dan
mandibula
|
perpotongan garis dari ANS-XI dengan korpus aksis
(XI-Pm).
|
47o
+ 40 Normal
|
< 430 = Sceletal Openbite
> 510 = Deep bite
|
Convexity of point A
|
melihat hubungan horisontal antara maksila dan
mandibula arah antero posterior
|
2 mm + 2 mm
Normal
|
> 4 mm = Skeletal kelas II
< 0 mm =
Skeletal kelas III
|
SEGITIGA TWEED
ANALISIS SKELETAL STEINER
ANALISIS
|
TUJUAN
PENGUKURAN
|
REFERENSI
|
NORMAL
|
INTERPRETASI
|
Maksila
|
Menunjukkan posisi ante poste maksila terhadap
basis kranium
|
Sudut SNA
|
82
|
>82 = maksila protrusif
< 82 = maksila retrusi
|
mandibula
|
Menunjukkan posisi ante poste mandibula terhadap
basis kranium
|
Sudut SNB
|
80
|
> 800 = mandibula prognati
< 800 = mandibula resesi
|
Relasi maksila
mandibula
|
Menentukan posisi relative rahang satu sama lain
|
Sudut ANB
|
2
0
|
>2 = cendeung klas II skeletal
<2=
cenderung klas III skeletal
|
Bidang oklusal
|
Membandingkan bidang oklusal dengan bidang S-N
|
Sudut bidang oklusal ke SN
|
14
|
|
Bidang mandibula
|
Membandingkan bidang mandibula dengan bidang S-N
|
Sudut bidang mandibula (G0-Gn) ke SN
|
32
|
Di luar normal = pertumbuhan mandibula tidak baik
|
ANALISIS DENTAL dan
JARINGAN LUNAK STEINER
ANALISIS
|
TUJUAN
PENGUKURAN
|
REFERENSI
|
NORMAL
|
INTERPRETASI
|
Posisi insisif maksila
|
Menentukan lokasi
relative dan inklinasi aksial insisif RA terhadap garis N-A
|
Sudut I ke N-A
I ke N-A
|
220
4 mm di depan N-A
|
>22 / > 4mm=
gigi insisif protrusi (proposisi)
< 22/ < 4
mm = gigi insisif retrusi (retroposisi)
|
Posisi insisif mandibula
|
Menentukan lokasi
relative dan angulasi gigi insisif RB terhadap garis N-B
|
Sudut I ke N-B
I ke N-B
|
250
4mm di depan garis N-B
|
>25 / >
4mm= gigi insisif protrusi (proposisi)
< 25/ <
4mm = gigi insisif retrusi
(retroposisi)
|
Sudut interinsisal
|
Menentukan posisi
relative insisif RA dan RB
|
Sudut interinsisal
|
1300
|
>130 = koreksi
inklnasi aksial
<130= perlu uprighting
|
Insisif RB terhadap dagu
|
Menentukan jarak
permukaan labial insisif bawah terhadap garis N-B
|
Permukaan labial
insisif RB terhadap garis N-B
|
4 mm di depan garis N-B
|
>4 mm perlu
koreksi
|
Bibir
|
Adaptasi bibir
terhadap jaringan keras
|
Bibir terhadap
Garis S
|
Bibir Tepat menyentuh garis S
|
Tidak
menyentuh/di belakang garis S = bibir retrusi
menyentuh / di
depan garis S = bibir protrusi
|
ANALISIS WENDEL-WYLE
Bidang
|
Nilai
|
Interpretasi
|
||
Laki-laki
|
Wanita
|
|||
Displasia Antero-Posterior
|
||||
Glenoid fossa - Sella tursica
|
18 mm
|
17 mm
|
Jika:
Glenoid fossa - Sella tursica Sella turcica - Fissura Pterygomaksila Jarak Fissura pterygomaksila – M1 atas Panjang Maksila --> memiliki nilai > standar maka ditulis retrognati Jika: Panjang mandibula --> memiliki nilai > standar ditulis prognati Maka: Nilai prognati < retrognati, cenderung kelas II Nilai prognati > retrognati, cenderung kelas III |
|
Sella turcica - Fissura Pterygomaksila
|
18 mm
|
17 mm
|
||
Jarak Fissura pterygomaksila – M1 atas
|
52 mm
|
52 mm
|
||
Panjang maksila
|
15 mm
|
16 mm
|
||
Panjang mandibula
|
103 mm
|
101 mm
|
||
Displasia Vertikal
|
||||
Untuk mengukur displasia
dalam arah vertikal dengan mengukur tinggi total wajah, yaitu Nasion ke
Menton (N - Me)
Intepretasi: Wajah bagian atas (N - ANS) 45% Wajah bagian bawah (ANS - Me) 55% |
Panduan Referensi untuk analisis Wendel -Wyle
Salah
satu pengalaman yang menginspirasi Steiner menjadi seorang dokter gigi
suatu
hari Steiner pergi berkunjung ke dokter gigi , ia mengetahui hanya 3 tambalan
kecil amalgam seharga 300$ ,sama besarnya dengan gaji petani selama 3 hari .
Steiner berfikir apakah karena sang dokter gigi berpakaian putih bersih,
bekerja di tempat yang bersih sehingga bisa bekerja dengan baik Pengalaman
tersebut membuat Steiner memutuskan untuk menjadi dokter gigi
kak rangkumannya kurang jelas :(
BalasHapus